Senin, 18 Oktober 2010

Bangunan Karya Arsitek Indonesia

Museum Tsunami NAD akan segera dibangun

Sayembara museum tsunami NAD baru saja ditutup pada tanggal 23 Agustus. Berbagai kategori pemenang pun telah dipilih. Rumoh Aceh as Escape Hill dipilih sebagai juara pertama pada sayembara ini. Tim yang terdiri dari Muhammad Ridwan Kamil, Muhammad Yuliansyah Akbar, A.A Putra Munchana dan Asep Budiman ini memang layak diberi penghargaan juara pertama. Bangunan Rumah Panggung Aceh diambil sebagai analogi dasar massa bangunan. Dengan konsep rumah panggung, bangunan ini juga dapat berfungsi sebagai sebuah escape hill jika seandainya terjadi bencana tsunami di masa datang.









Desain ini juga sarat dengan konten lokal. Tarian shaman sebagai cerminan
Hablumminannas (konsep hubungan antar manusia dalam Islam) distilasi kedalam pola fasade bangunan. The light of God, sebuah ruang berbentuk sumur silinder yang menyorotkan cahaya keatas merupakan cerminan dari Hablumminallah (konsep hubungan manusia dan Allah SWT).





















Dalam menyikapi konteks urban, bangunan didesain agar dapat berfungsi juga sebagai sebuah taman kota. Lahan terbuka sebagai hasil bangunan yang diangkat di desain untuk dapat menyeimbangkan skala manusia dan bangunan.


Project Credits : M. Ridwan Kamil, M. Yuliansyah Akbar, A.A. Putra Munchana, Asep Budiman

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar